Mengenal Air Suspension
(Suspensi Udara)
suspensi untuk mobil
Modifikasi bukan hanya sekedar perlu budget yang cukup besar, banyak hal yang
perlu diketahui dulu tentang air suspensi itu sendiri sebelum
mengaplikasikannya.
Jadi jangan sekedar bisa
beli terus pasang, tanpa mengetahui dulu apa itu air suspensi dan jenisnya yang
sesuai dengan mobil sendiri serta bagaimana cara merawatnya, sebisa mungkin
berkonsultasi dulu dengan modifikatornya.Hal ini untuk mencegah kepanikan
pengguna mobil apabila air suspensi sedikit mengalami masalah saat sedang dalam
perjalanan.
Air suspension memiliki
sistem kerja yang dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ketabung, lalu
dari tabung dibagi ke kaki-kaki lewat selenoid yang dihubungkan lewat selang
udara. Pada air suspension pasti terdapat tombol beserta indikator untuk mengatur
naik turunnya air suspensi sesuai keinginan dan mengontrol persediaan udara
dalam tabung pada keempat roda, sebaiknya untuk tombol pengaturnya ditaruh
didepan dashboard atau di sesuaikan keadaan kedudukan interior, yang terpenting
adalah agar tombol pengatur mudah dijangkau pengemudi.
Pada intinya air suspension
sendiri tidak perlu perawatan, yang perlu dirawat adalah tabung penampung air
pada kompresor dengan cara dibuang air-nya seminggu sekali. Selain itu karet
balon dari air suspension juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Sebaiknya
karet balon meski tidak mengalami kerusakan, setelah 3 tahun diganti agar tetap
layak untuk dipakai harian, karena bahan karet lama-kelamaan dapat mengeras dan
retak, sehingga dapat terjadi kebocoran. Untuk tabung air suspension sendiri
tidak perlu perawatan, karena seandainya bocor-pun masih bisa diperbaiki dengan
mengganti seal tabungnya.
Jenis Air Suspension
Menurut Indra salah seorang
teknisi, Air Suspensi itu terbagi 2, yaitu:
1. Type Strut : Type ini
shock absorber dengan per-nya jadi satu Tipe Strut juga ada 2 jenis, yaitu
strut kecil dan besar
2. Type Bag : Type ini
antara shock absorber dengan per-nya terpisah
Jadi dari kedua tipe air
suspensi ini, sebelumnya mobil yang ingin dipasangkan bisa dilihat dulu jenis
supensinya awalnya, lalu modifikator bisa memilih air suspension jenis apa yang
sesuai. Untuk proses aplikasi standar air suspension tidak sulit dan tidak
perlu ada gubahan bagian kaki-kaki, cukup pensiunkan per pabrik lalu
menggantinya dengan air suspension’, terang Indra.
Setelah dilakukan pemasangan
air suspension, pastikan selalu
melakukan 1 hari pengecekan agar tidak ada kebocoran. Cara pengecekannya dengan
menaikkan air suspension agar dalam posisi tegak, dari sini ada kebocoran atau
tidak dapat segera diketahui.
Keunggulan dan Kelemahan Air
Suspension
Air suspension merupakan
salah satu perangkat dalam memodifikasi mobil khususnya disektor kaki-kaki yang
punya fungsi sama seperti per biasa, yaitu sebagai penopang bantingan atau
peredam kejut, hanya saja bentuknya bukan lagi per.
Air suspension ini dibagi
menjadi dua jenis yaitu tipe strut atau yang sering disebut dengan air silinder
dan juga tipe bag, yang lebih dikenal secara luas dengan nama balon.
Penggunaan air suspension
pun sudah tidak hanya sekedar sebagai pelengkap dalam ajang kontes Modifikasi saja, tapi tetap bisa juga untuk
penggunaan sehari-hari. “kalau untuk sehari-hari, biar lebih efisien soalnya
bisa diatur tinggi-rendahnya suspensi, karena tekanan angin dapat diatur dan
disesuaikan antara bobot kendaraan dengan ketinggian kendaraan. Kalau dicangkok
untuk kontes Modifikasi biasanya ada point lebih”.
Hingga kini, pengaplikasian
air suspension pun tidak terbatas hanya pada mobil saja tapi sudah untuk bus,
truk dan bahkan untuk trailer. Dapat dibilang penggunaan air suspension sangat
fleksibel, karena selain bisa digunakan untuk harian dan kontes, ketinggian
mobil (Ground Clearance) juga bisa lebih diatur dan sesuaikan dengan kondisi
jalanan agar bagian bawah mobil tidak mudah beradu dengan jalanan dengan
sekejap hanya menekan tombol pengatur dan sesuai dengan kemauan.
Tentunya ini sangat berbeda
dengan mobil yang masih menggunakan per biasa pada suspensinya, karena
ketinggiannya tidak bisa diatur dengan sekejap. Akan tetapi perangkat air
suspensi memerlukan perawatan yang ekstra dibandingkan suspensi dengan per
biasa. Perawatan untuk air suspension pun sebenarnya tidaklah rumit, Karena air
suspension ada 2 jenis, maka masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan
khusus yang berbeda pula, yaitu :
Air Suspension Balon (Bag)
Kelebihan untuk air
suspension jenis balon bisa dibilang bantingannya (Rebound) lebih terasa empuk
(Soft) dibandingkan dengan yang model air silinder, sedangkan kelemahannya air
suspensi jenis terutama jika ingin diaplikasikan pada celah suspensi mobil yang
sempit seperti jenis sedan atau city car, karena bentuknya agak melebar dan
terbuat dari karet, di khawatirkan akan bergesekan dengan dinding di liang
suspensi sehingga dapat menyebabkan kebocoran. Jadi lebih banyak digunakan pada
mobil berbobot besar seperti jenis SUV.
Air Suspension Silinder
(Strut)
Tapi untuk model air
silinder, karena bentuknya yang ramping, maka jenis ini lebih banyak dan cocok
dipergunakan pada mobil-mobil mempunyai celah sempit semacam sedan, sedangkan
kekurangannya tipe ini memiliki bantingan yang lebih keras.
Untuk proses aplikasi atau
pemasangannya pun bisa dibilang tidak rumit, yang pasti pertama-tama harus
dilihat terlebih dahulu tipe / jenis mobilnya apa dan juga jenis suspensi
awalnya serta kedudukannya (Mounting). Karena Komponen-komponen utamanya air
suspension sendiri adalah terdiri dari selang, tabung, kompresor, selenoid dan
juga pressure gauge, jadi perlu dipikirkan juga untuk penempatan-penempatannya
terutama kompresor. Yang pasti untuk pemakaiannya cukup disesuaikan dengan
kondisi jalanan dan kebutuhan dari pengemudi.
Jenis, model dan brand dari
air suspension pun ada banyak dan kebanyakan dengan model bolt-on alias tinggal
pasang. Tapi ada juga dibeberapa tempat, biasanya rumah Modifikasi yang
menggunakan model custom alias ada beberapa perangkat yang menggunakan brand
sendiri. Untuk harga model custom dipatok harga ±17.5 juta itu sudah termasuk
pemasangannya, sedangkan untuk model bolt-on harga yang dipatok ±30 juta. Waktu
pemasangannya, di bengkel sendiri butuh
waktu kira-kira 2 minggu.
Nah Guska Lovers cukup
menarik bukan tentang suspensi udara, ini salah satu keunggulan modifikasi di
bidang otomotive hehehe semoga bermanfaat
TERIMA KASIH.
Sumber:https://panjimitiqo.wordpress.com/2011/01/26/mengenal-air-suspension-suspensi-udara/
0 komentar:
Posting Komentar